Pelajari Fungsi Lembaga Pemerintah, Siswa-siswi SD Christy Kunjungi DPRD Batam

Sejumlah siswa-siswi SD Christy Kids School Sekupang berkunjung ke gedung DPRD Kota Batam. Selain belajar langsung mengenal nama-nama anggota dewan, mereka juga melihat suasana ruang kerja wakil rakyat tersebut serta merasakan langsung duduk di kursi wakil rakyat yang terletak di ruang sidang utama.

Kunjungan siswa-siswi ini didampingi beberapa guru. Mereka disambut anggota DPRD Jimmy SM Nababan dan Capt Luther Jansen. Jimmy dan Capt Luther terlihat sabar melayani pertanyaan para siswa-siswi berkenaan.

“Pak, kerjaan di sini apa aja pak?” tanya seorang siswi disambut tertawa rekan-rekannya. Jimmy pun menjelaskan tugas dan fungsi anggota dewan yang dipilih rakyat dan mewakili rakyat dalam menjalankan fungsi pengawasan pemerintahan.

Setelah itu, Jimmy membawa siswa-siswi tersebut melihat-lihat ruangan rapat komisi. Lalu memperkenalkan anggota dewan pada poster yang terpasang di pintu masuk ruang Komisi. Bahkan, anak-anak tersebut dibawa ke ruang sidang utama sehingga mereka dapat merasakan duduk bagaikan anggota dewan yang terhormat.

“Kursinya enak ya pak,” ujar seorang anak menjawab pertanyaan ibu gurunya bagaimana rasanya duduk di kursi wakil ralyat tersebut.

Seorang guru pendamping mengatakan tujuan kunjungan tersebut untuk mengenalkan secara langsung kepada anak-anak tentang kantor dan lembaga pemerintahan. “Mereka siswa-siswi kelas V. Supaya mereka mengetahui langsung bentuk lembaga pemerintahan berikut fungsinya,” papar guru tersebut.(*)