BATAM – Ketua DPRD Kota Batam, Haji Muhammad Kamaluddin, menerima kunjungan puluhan Peserta Didik Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimen) Polri Dikreg ke-65 dalam rangka Kuliah Kerja Profesi (KKP), Senin (10/11/2025). Pertemuan berlangsung di ruang rapat pimpinan DPRD Kota Batam dengan suasana hangat dan penuh keakraban.








Kunjungan ini tidak hanya bertujuan untuk menjalin silaturahmi, tetapi juga merupakan bagian dari penyelesaian tugas akademik para peserta didik Sespimen Polri. Kedatangan rombongan langsung disambut oleh Haji Muhammad Kamaluddin yang didampingi Sekretaris DPRD Dr Ridwan Afandi SSTP MEng. Dalam kesempatan itu, Kamaluddin menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih karena DPRD Kota Batam menjadi salah satu lokasi studi dalam kegiatan KKP tersebut.
“Selamat datang di DPRD Kota Batam. Terima kasih telah menjadikan lembaga ini sebagai bagian dari proses pembelajaran dan studi. Ini menjadi kehormatan bagi kami,” ujar Kamaluddin.
Dalam pertemuan tersebut, Kamaluddin berbagi pandangan mengenai peran DPRD dalam mendorong sinergi dan kolaborasi antarlembaga, terutama dengan Forkopimda dan masyarakat dalam pembangunan Kota Batam. Menurutnya, kolaborasi menjadi kunci utama dalam menghadapi tantangan dan mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.
“Sinergi dan kolaborasi adalah suatu keniscayaan dalam pembangunan. Hanya dengan kekompakan dan semangat yang sama-sama kita gerakkan, maka pembangunan dapat berjalan dengan baik, dan berbagai tantangan dapat kita lewati,” tegasnya.
Kamaluddin juga menyinggung pentingnya digitalisasi layanan publik di era teknologi saat ini. Ia menilai bahwa penerapan e-governance mampu meminimalkan potensi korupsi dan gratifikasi, serta menciptakan pelayanan publik yang lebih efektif, transparan, mudah, dan murah.
Ia turut mengajak peserta didik Sespimen Polri untuk memberikan masukan dan pemikiran yang konstruktif demi peningkatan kualitas pelayanan publik di Kota Batam.
“Kami mengajak rekan-rekan dari Polri untuk turut memberikan saran dan pemikiran agar setiap layanan publik menjadi semakin mudah, murah, dan transparan sehingga semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat,” tutup Kamaluddin.
Kunjungan tersebut diakhiri dengan diskusi interaktif, pemberian cendera mata, dan foto bersama sebagai simbol kerja sama dan komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan pembangunan daerah.(*)
